Beberapa contoh situs web jejaring sosial :
1. Friendster
2. Facebook
3. Twitter
4. Myspace
5. Google+ dll.
1. Friendster
Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial.
Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna
berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring
dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk
berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna
dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain
melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah
satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring sosial.
Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.
Pada
Mei 2011 perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial
dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun
Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log
menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa
daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi
dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada "hiburan dan
kesenangan", dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun
justru melengkapinya.
Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik
setiap bulannya; namun sejak situs ini menghapus semua konten dan
menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna
terdaftar saja.Lebih dari 90% lalu lintas Friendster berasal dari Asia.
Di Asia, pada 2008, Friendster memiliki pengunjung unik bulanan lebih
banyak daripada jejaring sosial lain 10 negara teratas yang sering
mengakses Friendster menurut Alexa pada 7 Mei 2009 adalah Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Pakistan, Uni Emirat Arab, Sudan, Korea Selatan, Bangladesh, dan India.
Contoh tampilan Friendster
2. Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas
lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya
untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut
survei Consumer Reports
bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki
akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini. Studi Compete.com
bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial
yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di
seluruh dunia. Entertainment Weekly
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar,
"Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today
pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun
Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di
sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika
Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku
yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan
membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan
setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di
situs ini.
Contoh tampilan Facebook
3. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada
halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun
pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan
sebutan pengikut ("follower").
Semua
pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter,
aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan
singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini
berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini
pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San
Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak
dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan
popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta
pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS
dari internet". Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna
biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan
pemain basket NBA, Larry Bird.
Contoh Tampilan Twitter
4. Myspace
Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial.
Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada
dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan
tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation.
MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat
pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh
kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook
pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan
Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan
secara terpisah dari News Corporation.
Contoh Tampilan Myspace
5. Google+
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011
dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna
Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat
akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan
akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz,
dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and
Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan
aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS.
Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.
Contoh Tampilan Google+
2.5. Dampak Jejaring Sosial
2.4.1. Dampak Positif
1.
Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan
sosial yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini.
Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan
public dan mengelola jaringan pertemanan.
2.
Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih
mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar
diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
3.
Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri
melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini
mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.
Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat,
perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka
yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka,
menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
5.
Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang
paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
6.
Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan
www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet
di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
7.
Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang
pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting
dan akurat.
8.
Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi
yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa
saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
9.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan
kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke
tempat2penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
https://www.tsu.co/mohsodik ayo ini sosmed baru yang lagi booming di dunia dan membayar usernya
BalasHapus